a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Ketahui Lebih Tentang Upaya Hukum

FANZIS LAW OFFICE > Cultural Schemas  > Ketahui Lebih Tentang Upaya Hukum

Ketahui Lebih Tentang Upaya Hukum

Upaya Hukum adalah suatu sarana hukum yang diberikan kepada setiap pencari keadilan (Justitiabelen) yang tidak puas terhadap suatu putusan hakim. Upaya hukum dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu Upaya Hukum Biasa dan Upaya Hukum Luar Biasa.

Upaya Hukum Biasa meliputi Verzet, Banding, dan Kasasi. Sedangkan Upaya Hukum Luar Biasa adalah Peninjauan Kembali. Penjelasannya dapat dilihat berikut ini.

Verzet adalah suatu bentuk perlawanan terhadap suatu Putusan yang dijatuhkan secara Verstek atau tanpa kehadiran Tergugat (in absentia). Verzet diajukan oleh Tergugat terhadap perkara Gugatan semula yang diajukan oleh Penggugat.

Untuk mengajukan Upaya Hukum jenis ini, maka sangatlah penting untuk mengetahui dasar-dasar hukum yang mengaturnya dan mengenai tenggang waktu yang diberikan oleh undang-undang. Karena apabila melebihi waktu yang ditentukan maka upaya hukum tersebut tidak dapat diterima sehingga akan menjadi sia-sia.

Banding adalah suatu permohonan yang diajukan ke Pengadilan Tinggi untuk memeriksa kembali putusan yang telah dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan tingkat pertama (Pengadilan Negeri).

Sedangkan Kasasi adalah Upaya Hukum dari pihak yang merasa tidak puas dengan putusan Pengadilan tingkat Banding yaitu Pengadilan Tinggi, dan diajukan kepada Mahkamah Agung.

Bagi pihak-pihak yang merasa tidak puas dengan Putusan dan ingin mencari keadilan melalui upaya hukum Banding dan Kasasi, maka sangatlah penting untuk mengetahui tenggang waktu yang diberikan oleh undang-undang. Karena apabila melebihi waktu yang ditentukan maka upaya hukum tersebut tidak dapat diterima sehingga akan menjadi sia-sia.

Peninjauan Kembali (Reviewing)

Peninjauan Kembali adalah suatu Upaya Hukum luar biasa yang dapat ditempuh terhadap suatu putusan Pengadilan yang telah Berkekuatan Hukum Tetap (Inkracht Van Gewijsde). Suatu Putusan disebut Berkekuatan Hukum Tetap (Inkracht Van Gewijsde) bila tidak terbuka lagi kemungkinan mengajukan upaya hukum biasa.

No Comments

Leave a Comment