a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

UNY Terapkan Sistem Pembelajaran Indoped di seluruh Program Studi

FANZIS LAW OFFICE > High Pressure  > UNY Terapkan Sistem Pembelajaran Indoped di seluruh Program Studi

UNY Terapkan Sistem Pembelajaran Indoped di seluruh Program Studi

UNY Terapkan Sistem Pembelajaran Indoped di seluruh Program Studi

UNY akan mengembangkan sistem pembelajaran  Innovation Pedagogy for Indonesian Higher Education (Indoped) di seluruh Program Studi.

Sebelumnya, sistem pembelajaran Indoped sendiri telah dikembangkan di FBS UNY selama satu tahun terakhir.

Indoped merupakan proyek Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang diprakarsai oleh European Union untuk meningkatkan kapasitas pembelajaran pendidikan tinggi agar dapat bersaing secara global.

Proyek ini bertujuan untuk mencari bentuk pembelajaran yang paling cocok di Indonesia dan memformulasikan cara agar mahasiswa mampu membantu masalah masyarakat atau institusi di sekitarnya.

Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd menuturkan, Indoped ini diharapkan nantinya membuat siswa lebih aktif lagi dan dosen mendudukkan diri sebagai fasilitator dan mediator.

“Pola pembelajaran Indoped ini student oriented, dosen hanya menjadi fasilitator.
Kita sedang mengembangkan pola pembelajaran teknologi informasi penting bagi pola pembelajaran, untuk mengembangkannnya UNY melalui digital library guna mendukung pola pembelajaran Indoped ini,” papar Sutrisna saat menggelar press conference pada Rabu (6/3/2018).

Salah satu target Indoped yakni dosen mampu menyelenggarakan metode pembelajaran student centered dan bukan teacher centered.

Selain itu juga dapat menerapkan teknik discovery learning, terutama untuk masalah-masalah nyata yang ada di dalam masyarakat.

Ia melanjutkan, sistem pembelajaran Indoped ini akan dikembangkan di seluruh Program Studi di UNY yang sebelumnya lebih dulu diterapkan di FBS UNY.

“Sistem pembelajaran ini (Indoped) mahasiswa melakukan sesuatu dan dosen hanya sebagai fasilitator. Di UNY sendiri (Indoped) akan diterapkan disemua program studi,” lanjutnya.

Menurutnya, metodologi pembelajaran yang digunakan juga harus bervariasi dan menjadikan mahasiswa lebih aktif.

“Di UNY lewat LPPMP sedang mengembangkan kurikulum seperti Lesson Studi dan Indoped,” tukasnya.

No Comments

Leave a Comment