a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Pemda DIY Jajaki Kerjasama dengan Pemerintah Finlandia

FANZIS LAW OFFICE > Cultural Schemas  > Pemda DIY Jajaki Kerjasama dengan Pemerintah Finlandia

Pemda DIY Jajaki Kerjasama dengan Pemerintah Finlandia

YOGYA – Berbagai kerjasama mulai dijajaki oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dengan pemerintah Finlandia.

Pemda DIY Jajaki Kerjasama dengan Pemerintah Finlandia

Tidak hanya di bidang pendidikan dan energi, seperti yang ditawarkan Finlandia, namun juga menjamah sektor lain.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Budi Wibowo, mengatakan, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, berharap perjanjian kerjasama juga tercapai di bidang teknologi water treatment, hingga industri menengah ke bawah, seperti Kopi Merapi.

Khusus untuk water treatment, bukan tanpa alasan, Finlandia selama ini memang dikenal sebagai negara dengan spesialisasi di bidang tersebut.

Ke depannya, salah satu negara Nordik tersebut, akan melakukan penjajakan lebih lanjut terkait hal itu.

“Nanti ada penjajakan lebih lanjut oleh pemerintah Finlandia di Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo,” katanya, saat dijumpai di Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Rabu (7/3/2018).

Budi mengungkapkan, Sri Sultan pun berharap agar Finlandia bisa memberi perhatian pada usaha menengah kecil mikro (UMKM) di wilayah Yogyakarta, dengan menyediakan teknologi tepat guna.

Terlebih 98,4 persen industri di DIY merupakan UMKM.

“Pak Gubernur berharap mereka bisa ikut mendukung UMKM di DIY. Mereka butuh itu, teknologi tepat guna,” ungkapnya.

Menariknya, tambah Budi, orang nomor satu di DIY itu juga menawarkan Kopi Merapi kepada pemerintah Finlandia.

Pasalnya, kegemaran masyarakat Finlandia terhadap minuman berkafein tersebut memang besar, dimana rata-rata mencapai 12 kilogram per tahun.

“Kalau ternyata itu (Kopi Merapi) cocok dengan lidah orang Finlandia, kan jadi sesuatu yang luar biasa. Nanti, Januari tahun depan, Pak Gubernur akan ke Finlandia, untuk promosi produk lokal di sana,” cetusnya.

Tutur Budi, pada 23 April mendatang, delegasi dari Finlandia akan kembali datang ke DIY, dengan membawa beberapa teknisi.

Ia pun berharap, dalam kunjungan berikutnya nanti, bidang-bidang yang akan dikerjasamakan oleh kedua belah pihak sudah jelas.

Sementara itu, perwakilan Kedubes Finlandia untuk Indonesia, yang membidani urusan politik dan diplomasi publik, Pirjo-Liisa Heikkila, mengatakan, pendidikan dan energi merupakan topik pembahasan utama.

Terlebih, Finlandia berkompeten di bidang pendidikan.

“Kita tahu kalau di sini (DIY) terdapat banyak perguruan tinggi. Itu merupakan salah satu alasan kita datang ke sini. Pendidikan adalah topik populer di sini,” katanya.

Namun, Heikkila tidak memungkiri, dalam pertemuan tersebut, pihaknya juga mendiskusikan berbagai topik lainnya.

Termasuk mengenai sejumlah langkah pengembangan yang dilakukan Pemda DIY, untuk kemajuan kabupaten, atau kota di bawahnya.

“Kami berharap pertemuan ini bisa menghasilkan kerjasama yang kongkret. Kami ingin ingin melihat peluang yang bisa di kolaborasikan antara kedua belah pihak,” pungkasnya.

No Comments

Leave a Comment