a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Berlatih Mejadi Pengacara Handal

FANZIS LAW OFFICE > advokat  > Berlatih Mejadi Pengacara Handal

Berlatih Mejadi Pengacara Handal

Untuk Menjadi pengacara handal tentunya harus berlatih dan terus belajar bagaimana cara menjadi pengacara yang handal. Bagi Anda yang masih kebingungan, mungkin artikel kali ini bisa dijadikan referensi bagaimana apa saja yang harus diperlajari. Selamat membaca 🙂

Latihlah pemikiran kritis. Untuk menjadi pengacara yang sukses, Anda harus bisa memandang masalah hukum dari segala sisi demi mendapatkan solusi terbaik. Analisis yang tepat bukan hanya akan membantu Anda mengidentifikasi masalah hukum, tetapi juga membantu Anda mengembangkan argumen hukum yang kuat guna mendukung posisi klien Anda.

  • Pastikan Anda punya pemahaman yang jelas atas semua fakta terkait sebelum membuat kesimpulan.
  • Jangan selalu bergantung pada klien untuk langsung memberitahu segalanya kepada Anda. Seorang klien sering kali tidak akan langsung memberikan informasi begitu saja karena dia tidak tahu hal apa yang penting dan hal apa yang tidak penting. Ajukan pertanyaan yang diperlukan untuk mencari tahu informasi yang dibutuhkan.
Kembangkan keahlian menulis Anda. Pengacara sering kali menyepelekan keahlian menulis yang dibutuhkan untuk menjadi pengacara yang sukses. Nyatanya, seorang pengacara meluangkan cukup banyak waktu mengisi permohonan dan dokumen lainnya untuk pengadilan. Hampir semua dokumen ini membutuhkan keahlian menulis pada tingkatan tertentu. Anda akan jauh lebih mungkin untuk memperkuat posisi klien Anda jika Anda dapat menulis secara efektif. Sebagai aturan umum, Anda perlu membuat argumen tertulis seperti berikut:

  • Perjelas fakta-fakta dalam kasus Anda.
  • Identifikasi masalah hukumnya.
  • Tentukan hukum atau regulasi mana yang berlaku pada masalah yang Anda tangani.
  • Terapkan hukum pada fakta-fakta dalam kasus Anda.
  • Tariklah kesimpulan berdasarkan hukum yang telah Anda terapkan pada fakta-fakta kasus Anda.
Latihlah kemampuan komunikasi lisan Anda. Semua pengacara yang sukses memiliki kemampuan komunikasi yang hebat, baik itu bicara di hadapan persidangan, kepada pengacara lain, juri, ataupun klien mereka. Mereka harus bisa menyampaikan posisi klien di persidangan, mengajukan pertanyaan pada saksi secara ekfetif, berargumen dengan juri, dan meyakinkan klien untuk menyewa mereka.

  • Dalam hal klien, seorang pengacara harus bisa memperoleh semua informasi yang diperlukan dari klien untuk mewakilinya dengan kepekaan dan kebijaksanaan. Pengacara harus bisa meyakinkan calon klien bahwa dia adalah jaksa yang tepat untuk mewakilinya.
  • Jaksa juga harus berkomunikasi secara efektif dengan pengacara lainnya. Dalam melakukan hal itu, dia dapat merngusahakan perjanjian yang dapat diterima oleh semua pihak yang terlibat dan bernegosiasi mewakili klien mereka secara efektif.
  • Dalam menghadapi persidangan, jaksa harus bisa memberikan argumen mengenai posisi kliennya secara efektif dan ringkas tanpa mengabaikan rasa hormat pada pengacara pihak lain ataupun pengadilan, yang mungkin tidak selalu menerima posisi kliennya.
Kenali pengadilan tempat Anda biasanya menjalankan praktik. Setiap pengadilan memiliki praktik tersendiri, dan staf pengadilan dapat menjadi orang yang sangat berharga untuk memberikan Anda informasi yang tidak akan Anda ketahui dengan cara lain. Walaupun Anda tidak bisa mendiskusikan kasus-kasus spesifik dengan para hakim, mereka sering kali bersedia membicarakan skenario fakta dan poin-poin hukum dengan Anda dan memberi Anda pendapat.
Jalani seminar pelatihan persidangan. Sebagian organisasi nasional menawarkan pelatihan persidangan untuk pengacara yang mewakili klien di ruang pengadilan secara rutin. Walaupun setiap hakim dan ruang pengadilan berbeda-beda pada tingkatan tertentu, terdapat teknik persidangan tertentu yang dapat berharga bagi Anda dalam pengaturan pengadilan manapun. Seminar pelatihan persidangan dapat membantu Anda mempelajari dan meningkatkan keahlian praktik persidangan Anda.
Bergabunglah dengan asosiasi hukum lokal, daerah, ataupun nasional. Saat Anda berada bersama pengacara lainnya, Anda dapat belajar dari jaksa yang lebih berpengalaman dan bertukar ide. Asosiasi hukum sering kali mensponsori seminar CLE dan kesempatan belajar lainnya yang dapat menjadi sangat berharga bagi perkembangan profesional Anda. Anda juga dapat mengembangkan jaringan dengan pengacara-pengacara yang dapat Anda mintai nasihat jika Anda memiliki pertanyaan dalam menangani kasus tertentu. Anda juga dapat ikut serta dalam layanan komunitas melalui asosiasi hukum Anda.
Temukan mentor. Setiap pengacara, terlepas dari usianya, memerlukan jaksa dengan lebih banyak pengalaman yang dapat diajak berdiskusi mengenai kasus-kasus, menguji argumen, serta mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan Anda. Hubungan ini akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan pengetahuan dan menguji ide Anda dengan orang lain sebelum membawanya di hadapan persidangan.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com

No Comments

Leave a Comment