a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Bagaimana Langkah – Langakah Awal Mejadi Pengacara?

FANZIS LAW OFFICE > advokat  > Bagaimana Langkah – Langakah Awal Mejadi Pengacara?

Bagaimana Langkah – Langakah Awal Mejadi Pengacara?

Bagaimana Langkah - Langakah Awal Mejadi Pengacara?

Siapa diantara kalian yang mempunyai impian menjadi pengacara? Profesi pengacara ini biasanya yang membantu seseorang melewati perkara. Lalu bagaimana cara menjadi advokat? Tahapan- tahapan apa yang harus dilalui, seperti yang kita tahu bahwa menjadi seorang pengacara tidaklah gampang. Berikut adalah langkah awal menjadi pengacara :

Setelah anda mengantongi ijasah sarjana hukum, dan ingin mengikuti PKPA / Pendidikan Kursus Profesi Advokat, sering2lah memonitor di internet, administrasi fakultas hukum universitas yg biasa mengadakan PKPA, biasanya satu tahun sekali mereka menyelenggarakan PKPA di tiap2 universitas, krn posisi saya ada di sidoarjo jatim, biasanya universitas yg mengadakan PKPA adalah Ubaya dan Unair Surabaya, dimana yg mengadakan untuk ubaya adalah peradi sidoarjo, dan Unair adalah peradi Surabaya. Untuk biaya sebagai pembanding saja pada tahun 2012 biaya pendaftaran Rp. 3.500.000,- dan pada tahun 2013 naik menjadi Rp. 4.000.000.

Menentukan Tempat/lokasi baik itu Kantor Advokat/Universitas yang akan anda ikuti untuk menempuh PKPA adalah sanagat penting, krn tenaga pengajar masing2 tempat berbeda2, cobalah untuk mencari informasi kepada rekan- rekan anda yg sebelumnya pernah mengikuti PKPA di tempat yang akan menjadi pilhan anda dan bandingkan tenaga pengajarnya dengan tempat lain (cari informasi di internet). Kepada panitia penyelenggara/ kepada rekan anda yg pernah mengikuti PKPA di suatu tempat, carilah juga informasi tentang jumlah peserta dalam satu ruangan, karena jika dalam satu ruangan terdapat peserta yang banyak/terlalu bnyak proses belajar mengajar menjadi kurang efektif, dan fasiltas ruangan (bersih, AC, luas/nyaman) jg sangat berperan dalam proses kegiatan ini.

Pendidikan Khusus Profesi Advokat

Diluar kelemahan2 yg ada diproses PKPA, baik kualitas tenaga pengajarnya maupun kualitas materinya, yg jelas dalam proses ini antara waktu dan banyaknya materi yg di berikan pasti tidak mencukupi, bahkan ada beberapa materi ysng sama sekali tidak di ujikan dalam UPA/Ujian Profesi Advokat. Tapi alasan yg disampaikan oleh panitia PKPA pasti akan menjawab bahwa materi tersebut adalah penting buat pengetahuan calon advokat, padahal menurut saya hal tersebut dapat dipelajari nanti setelah lulus UPA / Ujian,    Karena  yang penting adalah lulus ujian dulu !!!

Saya sarankan anda untuk mengikuti PKPA dengan serius, jangan hanya mengejar sertifikatnya saja yg menjadi persyaratan untuk menjadi advokat, tp dapatkan ilmu dan ++ nya jg, kenapa ???

  1. Krn biaya PKPA Mahal, hrs kita manfaatkan semax mungkin !!!! (buat ukuran kantong saya pd saat itu)
  2. Di sana kita bertemu dengan kalian yg nantinya akan menjadi satu profesi dengan kita, kita hrs dpt membina relasi dgn baik, jg kpd tenaga pengajar yg pastinya adalah advokat2 senior, kesempatan untuk membentuk relasi hrs kita manfaatkan dgn sebaik2nya.
  3. Klo kita belajar sendiri dgn membaca tulisan berlembar2 akan sulit masuk ke otak kita, apalagi klo kita sdh di bebani pekerjaan rutin dan kewajiban – kewajiban berumah tangga, rasanya sulit sekali kita meluangkan waktu untuk belajar sendiri. Tetapi dgn tempat dan waktu tersendiri pd waktu kita menempuh PKPA dgn penjelasan2 dr tenaga pengajar, diskusi2 dan atau Tanya jawab yg kita ikuti, rasanya materi akan lebih mudah terekam di otak kita.
  4. Paling tidak sehari sebelumnya anda hrs mempersiapkan materi yg akan diberikan, sehingga anda bisa ikut terlibat dalam diskusi ato Tanya jawab yg terjadi di kelas anda, jgn jd pendengar saja, tapi anda hrs aktif di kelas (ingat anda sdh membayar mahal, bertanyalah klo tdk tahu !!!), biasanya PKPA diadakan pada hari Jum’at (Sore-Malam) dan Sabtu (pagi-sore/siang)
  5. Jika anda bekerja, jauh hari sebelumnya Informasikan hal ini kpd atasan ato rekan krj anda, klo anda mengikuti PKPA, sehingga (klo diijinkan) anda di beri kelonggaran waktu untuk mengikuti PKPA, (katakan saja pd atasan anda bahwa ilmu yg nantinya akan anda dapatkan di PKPA akan sangat menunjang dalam pekerjaan anda/klo pekerjaan anda berkaitan dgn masalah hukum, pasti akan diijinkan, syukur2 perusahaan anda mau membiayai hehehe…..)

 

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com

No Comments

Leave a Comment