a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Mari Mengenal Sistem Hukum Dunia

FANZIS LAW OFFICE > info hukum  > Mari Mengenal Sistem Hukum Dunia

Mari Mengenal Sistem Hukum Dunia

MARI MENGENAL SISTEM HUKUM DUNIA

Mari Mengenal Sistem Hukum Dunia – Dalam artikel sebelumnya kita sudah pernah sedikit menyinggung bagaimana hukum di Negara kita yaitu Indonesia. Lantas bagaimana hukum di dunia? Apakah sama? Langsung saja mari kita mengenal sistem hukum di dunia, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Hukum Internasional dan Hukum Dunia (World  Law)

Pengertian hukum international didasarkan atas pikiran adanya suatu masyarakat internasional yang terdiri atas sejumlah negara yang berdaulat dan merdeka (independent) dalam arti masing-masing berdiri sendiri yang satu tidak di bawah, kekuasaan yang lain. Dalam rangka pikiran ini tidak ada suatu badan yang berdiri di atas negara-negara, baik dalam bentuk negara dunia (world state) maupun badan supranasional yang lain. Dengan perkataan lain, hukum internasional merupakan suatu tertib hiikum koordinasi antara anggota anggota masyarakat internasional yang sederajat. Anggota masyarakat internasional tunduk pada hukum internasional sebagai suatu tertib hukum yang mereka terima sebagai perangkat kaidah dan asas yang mengikat dalam hubungan antarmereka. Pengertian Hukum Dunia (World Law, Weltstaatsrecht) berpangkal pada dasar pikiran yang lain.

Menurut konsep ini yang rupanya banyak dipengaruhi analogi dengan hukum tata negara (constitutional law), hukum dunia merupakan semacam negara dunia yang meliputi semua negara di dunia ini (semacam negara

federasi). Negara dunia secara hirarki berdiri di atas negara-negara nasional. Tertib hukum dunia menurut konsep ini merupakan suatu tertib hukum subordinasi.

Kedua konsep mengenai tertib hukum masyarakat dunia tersebut di atas, ke dua-duanya mungkin.

Jika di antara dua kemungkinan ini kita memilih konsep yang pertama, hal itu disebabkan karena tertib hukum internasional yang mengatur masyarakat internasional yang terdiri dari anggota yang sederajat lebih sesuai dengan kenyataan dunia dewasa ini Kemungkinan terwujudnya suatu negara dunia yang diatur oleh hukum dunia merupakan suatu hal yang pada waktu sekarang masih jauh dari kenyataan.

Namun demikian, dalam dekade terakhir fenomena din» kearah terwujudnya suatu hukum dunia adalah tidak mustahil. Fenomena ini tampak dengan terwujudnya sekumpulan kaidah-kaidah hukum perdagangan inter-“asi°”al yaJ?9 bersumber pada Agreement Establishing the World Trade Organization (WTO) pada tahun 1994 Dengan adanya perjanjian ini, negara-negara di dunia dapat dikatakan telah menyerahkan sebagian kedaulatan ‘ ekonominya mengenai perdagangan internasional secara full compliance, p ada kaidah-kaidah hukum internasional sebagaimana diatur oleh WTO, termasuk penyelesaian perselisihan perdagangan internasional yang lebih efektif. Sebagian besar negara-negara di dunia yang beijumlah lebih dari 125, telah menjadi peserta dari WTO- juqa Indonesia, 2 November 1994 telah menyetujui menjadi negara peserta pada Perjanjian Pembentukan WTO dengan Undang-undang No. 7 Tahun 1994.

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com

No Comments

Leave a Comment