1. Kriminal Kelas Wahid dan Penjara Level Maksimum

Sama seperti Alcatraz atau pun Guantanamo, Nusakambangan memang secara tidak langsung seolah dikhususkan hanya untuk napi-napi dengan kejahatan berat. Misalnya teorisme, pembunuhan berencana kelas tinggi yang melibatkan orang penting, dan sebagainya. Fakta ini dibuktikan dengan nama-nama terkenal yang pernah mendekam di sini. Misalnya Amrozi, Imam Samudera, dan juga Ali Gufron.

Gerbang masuk Nusakambangan [Image Source]

Lantaran penjara ini dihuni khusus oleh orang-orang kelas berat. Maka tak heran kalau beberapa sel dilengkapi dengan keamanan super maksimal. Ada yang dijaga oleh pasukan bersenjata lengkap, sampai sel isolasi untuk napi berisiko tinggi. Kalau seseorang sampai masuk sini, maka ia bisa dianggap telah melakukan kejahatan tingkat tinggi.

2. Bukit Nirbaya, Tempat Kematian yang Terpampang di Depan Mata

Salah satu alasan kenapa Nusakambangan sangat mengerikan adalah adanya sebuah bukit bernama Nirbaya. Sekilas nama ini mungkin tidak mengindikasikan apa pun. Tapi, bagi para napi khususnya yang sudah divonis mati dan tinggal tunggu eksekusi, tempat ini adalah pelabuhan terakhir mereka.

Bukit Nirbaya di Nusa Kambangan [Image Source]

Ya, bukti Nirbaya ini adalah salah satu tempat yang paling sering dipakai sebagai lahan eksekusi mati para napi yang bervonis mati. Tempat ini seolah makin menambah kesuraman Nusakambangan yang sudah ngeri. Belum lagi soal rumor-rumor tentang adanya makhluk halus di sini, makin menambah suasana tak menyenangkan.

3. Ada Seratusan Orang yang Menunggu Kematian

Sudah berulang kali petugas mengeksekusi mati para napi dengan vonis mati, meskipun beberapa memang tanpa pemberitaan, tak seperti Bali Nine beberapa waktu lalu itu. Nah, meskipun sudah banyak napi yang meninggal dunia, tapi masih banyak lagi yang dikatakan bakal menyusul jika waktunya tiba.

Napi Nusakambangan [Image Source]

Ya, saat ini kurang lebih ada seratus orang napi yang tinggal menunggu waktu eksekusi. Mereka hidup seolah tanpa tujuan yang pasti, selain hanya menghabiskan durasi sampai tanggal eksekusi datang. Hal ini tentu memengaruhi kehidupan napi lain. Mereka yang tak kena vonis mati pasti simpati, walaupun di satu sisi merasakan ngerinya kematian begitu dekat. Tak terbayangkan hidup dengan kondisi seperti ini.

4. Kabur Hanya Akan Berbuah Kematian

Meskipun ini adalah penjara paling ekstrem di Indonesia, bukan berarti para napinya tidak pernah sekali pun mencoba kabur. Tercatat beberapa kali ada kasus kaburnya napi dari penjara satu ini. Namun, sebenarnya kabur dari sini bukanlah pilihan yang bijak. Pasalnya, hanya kematian yang bakal dihadapi.

Macan hitam [Image Source]

Ya, LP Nusakambangan dibangun di pulau paling ujung selatan Jawa Tengah. Di sini masih sangat asri sekali hutannya. Petugas lapas dan masyarakat setempat sangat percaya kalau hutan-hutan di Nusakambangan ini masih dihuni oleh hewan-hewan buas, seperti macan hitam sampai ular-ular berbisa. Ketika kabur dari penjara, maka inilah yang akan dihadapi para napi. Makanya, bisa dibilang sangat ceroboh dan gila mereka yang berani kabur dari LP.

5. Mistis Penjara Nusakambangan Juga Tak Kalah Menyeramkan

Tak hanya deretan kengerian di atas, keseraman LP Nusakambangan seakan makin lengkap dengan banyaknya cerita mistis tentang tempat ini. Salah satunya tentang angkernya hutan Nusakambangan yang bisa bikin seseorang tidak bisa pulang selamanya.

Mistis Nusakambangan [Image Source]

Pernah ada cerita tentang petugas yang tak bisa menemukan jalan pulang ketika terjebak di dalam hutan. Mereka pun kebingungan luar biasa. Hingga akhirnya diketahui caranya adalah dengan menenangkan hati dan juga lepaskan niat buruk. Tak lama kemudian para petugas itu bisa keluar. Tak hanya di hutannya saja, konon di dalam LP-nya sendiri sering terjadi hal-hal seram. Tak mengherankan karena tempat ini sudah ada sejak zaman Belanda.Nah, meskipun penuh dengan kesan horor dan mengerikan. Namun, banyak yang bilang Nusakambangan sebenarnya sangat menyenangkan. Johny Indo yang pernah tinggal 14 tahun di dalamnya mengatakan jika di sana sangat nyaman. Petugasnya ramah dan para napinya juga bersahabat. Jadi, mungkin anggapan yang ada tentang penjara satu ini perlu sedikit diluruskan.

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com