a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Kewajiban dan Tugas Hakim

FANZIS LAW OFFICE > artikel kami  > Kewajiban dan Tugas Hakim

Kewajiban dan Tugas Hakim

KEWAJIBAN DAN TUGAS HAKIM

Hakim– Pasti kalian pernah mendengar istilah hakim bukan? Didalam suatu pengadilan pasti akan ada seorang hakim yang memberikan vonis pada tersangka. Lantas apa sih kewajiban atau tugas hakim tersebut? Mari kita bahas bersama-sama mengenai kewajiban atau tugas dari seorang hakim. Namun lebih alangkah lebih baik jika kita mengtahui terlabih dahulu pengertian dari hakim.

Pengertian Hakim

Hakim adalah pegawai negeri sipil yang mempunyai jabatan fungsional. kode etik hakim disebut juga kode kehormatan hakim. Hakim juga adalah pejabat yang melaksanakan tugas kekuasaan kehakiman yang syarat dan tata cara  pengangkatan, pemberhetian dan pelaksanaan tugasnya ditentukan oleh undang-undang.

Kewajiban dan Tugas dari Hakim

Hakim sebagai penegak hukum dan keadilan mempunyai kewajiban yaitu :
a. Menggali, mengikuti dan memahami nilai-nilai hukum yang hidup di masyarakat. Dalam masyarakat yang masih mengenal hukum tidak tertulis, serta berada dalam masa pergolakan dan  peralihan. Hakim merupakan perumus dan penggali dari nilai-nilai hukum yang hidup dikalangan rakyat. Untuk itu ia harus terjun ke tangah-tengah masyarakat untuk mengenal, merasakan, dan mampu menyelami perasaan hukum dan rasa keadilan yang hidup dalam masyarakat.Dengan demikian hakim dapat memberikan keputusan yang sesuai dengan hukum dan rasa keadilan masyarakat.
b. Hakim wajib memperhatikan sifat-sifat baik dan buruk dari tertuduh dalam menentukan dan mempertimbangkan berat ringannya pidana. Sifat-sifat yang jahat maupun yang baik dari tertuduh wajib diperhatikan Hakim dalam mempertimbangkan  pidana yang akan dijatuhkan.Keadaan-keadaan pribadi seseorang  perlu diperhitungkan untuk memberikan pidana yang setimpal dan seadil-adilnya. Keadaan pribadi tersebut dapat diperoleh dari keterangan orang-orang dari lingkungannya, rukun tetangganya, dokter ahli jiwa dan sebagainya.

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com

No Comments

Leave a Comment