a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Masalah Hukum Kasus Narkoba

FANZIS LAW OFFICE > artikel kami  > Masalah Hukum Kasus Narkoba

Masalah Hukum Kasus Narkoba

pengacara perceraian

pengacara perceraianMASALAH HUKUM KASUS NARKOBA

Masalah Hukum Kasus Narkoba – Pernyalahgunaan obat-obat terlarang, narkotika dan mimunan keras kini marak dimana-mana. Tahukah Anda jika kasus ini merupakan kejahatan yang sangat serius di Negara kita ini. Lantas bagaimana hukum kejahatan narkotika ini?

Hukum Mengatur Kasus Narkoba

Jika anda sebagai pengedar, anda akan dijerat dengan pasal 111 sampai dengan 147 Bab XV UU Narkotika No.35/2009, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara sampai dengan  hukuman mati.

Jika anda  dalam situasi tertangkap tangan memiliki narkoba, maka aparat akan melihat 2  kemungkinan, bahwa apakah kepemilikan narkoba ini dibawah 5 gram atau diatas 5 gram. Jika anda memiliki narkoba dibawah 5 gram maka hukumannya lebih ringan dari orang dengan kepemilikan diatas 5 gram.

Dasar Hukum, Pasal 112 UU No.35/2009

(1)    Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama dua belas tahun dan pidana denda paling sedikit Rp.800.000.000 ( delapan ratus juta rupiah ) dan paling banyak Rp.8.000.000.000 ( delapan milyar rupiah )

(2)    Dalam hal perbuatan memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) beratnya melebihi lima gram, pelaku dipidana dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama dua puluh tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah sepertiga.

Satu hal lagi selain narkoba, adalah peredaran di toko-toko atau warung-warung. Dengan banyak minuman keras yang mudah diperjual belikan maka bukan hal yang mustahil memicu banyak tindakan kriminal disuatu daerah. Untuk itu penjualan miras biasanya diatur dalam bentuk perda. Jadi perda disuatu daerah beda dengan daerah lain. Jadi jika anda merasa terganggu dengan penjualan miras didaerah anda lewat toko didekat kediaman anda maka cari tau apakakah toko tersebut punya surat ijin berjualan miras atau tidak kalau tidak laporkan saja sama pihak kepolisian.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat 🙂

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com

 

Leave a Comment