a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Cara Mudah Pengambilan Akta Cerai

FANZIS LAW OFFICE > artikel kami  > Cara Mudah Pengambilan Akta Cerai

Cara Mudah Pengambilan Akta Cerai

Cara Mudah Pengambilan Akta Cerai

Cara Mudah Pengambilan Akta Cerai – Akta cerai merupakan bukti yang sah bahwa seseorang sudah tidak sah lagi dengan pasangannya. Proses cerai merupakan proses yang tidak diinginkan oleh seseorang dalam sebuah kehidupan ber rumah tangga.  Akta cerai ini akan diminta oleh pihak KUA (Kantor Urusan Agama) jika nanti anda ingin melangsungkan pernikahan lagi dengan orang lain.

Cara pengambilan akta cerai ini dapat dilakukan dengan tiga langkah. Pertama, anda bisa mengambil secara personal. Kedua, anda bisa menggunakan kuasa insidentil yaitu keluarga. Ketiga, anda bisa mengambil akta cerai dengan menggunakan kuasa hukum atau jasa advokat pengacara.

Dibawah ini, kita akan membahas mengenai cara, prosedur serta syarat-syarat pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama:

  1. Akta Cerai Diambil Secara Personal
    Jika permohonan anda telah dikabulkan, dan telah memiliki kekuatan hukum tetap, anda dapat mengambil sendiri akta cerai tersebut dengan membawa persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
  • Membawa Kartu Identitas KTP
  • Membawa Nomor Perkara yang terdapat pada Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) atau yang terdapat pada Surat Panggilan (Relas Panggilan)
  1. Menggunakan Kuasa Insidentil (Keluarga)
    Selain bisa diambil secara personal, anda juga dapat mengambil akta cerai dengan mewakilkannya kepada keluarga. Misal, ayah, ibu, anak, atau saudara. Adapun untuk persyaratan yang harus dipenuhi ketika ingin menggunakan kuasa insidientil adalah:
  • Surat Kuasa
    Surat kuasa harus memuat dengan jelas maksud dari pemberian kuasa tersebut (untuk mengambil akta cerai) dengan menyertakan nomor perkara. Selain itu, surat kuasa harus dibubuhi dengan tanda tangan diatas materai dari pihak yang telah memberikan kuasa.
  • Photo Copy KTP Pemberi dan Penerima Kuasa
  • Kartu Keluarga atau surat keterangan dari desa atau kelurahan yang menyatakan bahwa ada hubungan kekeluargaan dengan pemberi kuasa.
  1. Menggunakan Jasa Kuasa Hukum (advokat pengacara)
    Bagi anda yang menggunakan jasa advokat pengacara, anda bisa mewakilkan pengambilan akta cerai tersebut di Pengadilan Agama. Anda bisa langsung mengkontak advokat atau pengacara anda, dan setelahnya nanti advokat atau pengacara akan mengurus semua keperluan administrasinya sampai tuntas.

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com

No Comments

Leave a Comment