a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Ketahui Apa Saja Hukuman Untuk Para Koruptor di Dunia

FANZIS LAW OFFICE > artikel kami  > Ketahui Apa Saja Hukuman Untuk Para Koruptor di Dunia

Ketahui Apa Saja Hukuman Untuk Para Koruptor di Dunia

Hukuman Untuk Para Koruptor di Dunia

Jasa Advokat – Kasus korupsi yang sudah terjadi dimana –  mana tentunya akan membuat resah para masyarakat yang ada. Salah satunya adalah di indonesia, yang masih belum bebas dari kata korupsi. Banyaknya kasus di Indonesia ini semakin membuat pendapatan negara semakin menurun. Kasus korupsi bisa menjadi bukti bahwa hukum di Indonesia masih sangat lemah. Namun, di Negara lain seorang koruptor juga akan terkena hukuman setimpal sesuai dengan apa yang mereka perbuat.

1. Koruptor di China akan ditembak mati

Pemerintah China sudah sejak lama menerapkan hukuman mati bagi koruptor. Menurut data Amnesty Internasional, setidaknya ada 4.000 orang yang dijatuhi hukuman mati setiap tahunnya karena korupsi. Hukuman mati yang diberikan buat para koruptor pun beragam, ada yang digantung dan ada juga yang ditembak mati. Bahkan proses hukuman mati dipertontonkan di lapangan agar bisa dilihat banyak orang.

2. Hukuman gantung buat koruptor di Malaysia

Negara tetangga ini dalam beberapa tahun terakhir sudah menunjukkan keseriusannya dalam memberantas korupsi. Terbuki para koruptor kelas berat di Malaysia akan dijatuhi hukuman gantung. Tapi jika kita telusuri ke belakang, Malaysia ternyata sudah lama menerapkan human gantung buat para koruptor. Sejak tahun 1961, Malaysia sudah memiliki undang-undang anti korupsi bernama Prevention of Corruption Act. Kemudian dibentuk badan pemberantas korupsi Badan Pencegah Rasuah (BPR) pada 1982 untuk menjalankan fungsi undang-undang tersebut. Pada tahun 1997, Malaysia memberlakukan undang-undang Anti Corruption Act yang akan menghukum gantung para koruptor jika sudah terbukti bersalah.

3. Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara yang menjalankan hukum sesuai syariat Islam. Jadi nggak heran jika penjahat sekelas koruptor hukumannya yaitu dipancung. Koruptor dianggap sebagai pencuri serakah yang memakan uang bukan haknya. Oleh sebab itu, pemerintah Saudi memberlakukan hukuman pancung bagi mereka yang terbukti melakukan korupsi.

4. Di Jerman koruptor dipenjara seumur hidup

Walau Jerman tidak menerapkan hukuman mati bagi para koruptor, tapi hukuman untuk para pelaku korupsi di negara ini juga sangat setimpal. Pejabat yang terbukti melakukan korupsi akan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dan wajib mengembalikan semua hasil koruspinya. Nggak heran jika Jerman masuk dalam daftar sepuluh negara dengan tingkat korupsi paling rendah di dunia.

5. Hukuman ‘malu’ di Jepang

Jepang tidak memberikan hukuman mati atau penjara seumur hidup bagi para koruptor, bahkan Jepang tidak punya lembaga pemberantas korupsi. Akan tetapi tingkat korupsi di negara ini jauh lebih rendah dari pada Jerman. Budaya masyarakat Jepang terhadap rasa malu bila melakukan kesalahan masih melekat sampai sekarang, termasuk bagi para koruptor. Pelaku korupsi akan mendapatkan beban malu yang amat hebat dalam dirinya. Merasa bersalah, banyak pejabat Jepang yang memilih mengundurkan diri atau melakukan bunuh diri setelah ketahuan melakukan korupsi.

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com

No Comments

Leave a Comment