a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Pahami Toleransi Antar Umat Beragama

FANZIS LAW OFFICE > advokat  > Pahami Toleransi Antar Umat Beragama

Pahami Toleransi Antar Umat Beragama

pengacara perceraian

pengacara perceraianPAHAMI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA

Pengacara – Seperti yang kita tahu Indonesia kita ini memiliki keberagaman dari budaya, agama, dan lain sebagainya. Kita berbeda namun tetap satu. Akan tetapi dengan tidak sadar dalam kehidupan akan ada suatu gesekan karena perbedaan tersebut. Maka dari itu, mari pahami toleransi antar umat beragama berikut ini.

Toleransi Antar Umat Agama

Hal ini juga tertera dalam Undang – Undang Dasar 1945 yang berisi bahwa negara juga menjamin kemerdekaan tiap -tiap warganya untuk memeluk agama dan kepercayaannya masing – masing. Hal ini juga menegaskan bahwa kita sebagai warga negara sudah sewajarnya saling menghormati antar hak dan kewajiban yang ada diantara lingkungan kita sehingga keutuhan dan kerukunan negara dan juga menjunjung tinggi sikap toleransi antara suku dan umat beragama.

Perwujudan toleransi dalam kehidupan sehari – hari contohnya seperti kita memahami setiap perbedaan, sikap saling tolong menolong antara umat beragama dan juga tidak membeda bedakan suku, ras, agama serta budaya yang melekat dalam diri orang tersebut.

Jika dilihat dari segi manfaat, toleransi beragama memang banyak sekali jika kita senantiasa menerapkannya. Akan tetapi dalam melakukannya kita harus dengan sewajarnya dan tidak bisa berlebihan karena hal itu akan menyinggung perasaan orang lain dan justru berdampak merugikan terhadap diri kita sendiri nantinya.

ADAPUN BEBERAPA MANFAAT DARI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA, SEPERTI :

DAPAT TERHINDAR DARI ADANYA PERPECAHAN ANTAR UMAT BERAGAMA

setiap manusia sudah sepatutnya untu menanaman toleransi didalam dirinya serta menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari bersosial masyarakat terutama di daerah yang didalamnya terdapat banyak sekali kepercayaan agama serta berbagai macam suku dan budaya.

Sebagai contoh adalah sikap toleransi antar umat beragama yang bisa dillihat dari negara kesatuan Republik Indonesia yang memiliki lebih dari satu agama dan juga banyak sekali suku dan budaya yang terdapat didalamnya.

DAPAT MEMPERERAT TALI SILATURAHMI

Manfaat toleransi antar umat beragama berikutnya adalah terjadinya tali silaturahmi. Pada umumnya memang adanya suatu perbedaan selalu menjadi alasan terjadinya pertentangan antara golongan dari satu ke golongan yang lainnya.

Hal ini lah yang akan menghindarkan kita dari perpecahan dan peperangan antar kelompok, golongan dan suku.

PEMBANGUNAN NEGARA AKAN LEBIH TERJAMIN DALAM PELAKSANAANYA

Faktor keamanan, ketertiban dan juga kesatuan sebuah negara merupakan salah satu kunci sukses untuk menuju keberhasilan program pembangunan yang direncanakan pemerintahan negara tersebut. Terjadinya kerusuhan dan pertikaian dan segala bentuk bencana baik alam maupun bencana akibat ulah manusia menjadi satu hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Kejadian tersebut secara langsung atau tidak  akan berpengaruh dalam jalannya program pembangunan negara.

MEMPERTEBAL KEIMANAN

Setiap Agama tentu saja mengajarkan kebaikan kepada umatnya. Tidak ada agama di muka bumi ini yang mengajarkan umatnya untuk hidup bermusuhan dengan sesama manusia. Dengan menjaga kerukunan antara sesama manusia. Kita akan hidup damai dan sejahtera dan hidup berdampingan.

Demikian sedikit pengetahuan tentang manfaat dari Toleransi antar umat beragama maupun antar suku serta budaya. Semoga kita bisa menerapkan serta meneladani dan juga bersama sama hidup berdampingan memelihara kerukunan diantara semua perbedaan di lingkungan kita.

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com

No Comments

Leave a Comment