a

Facebook

Twitter

Copyright © 2017 FANZIS Law Office.
Website by: AHLI WEBSITE
All Rights Reserved.

8:00 - 16:00

Jam Kerja Kami: Senin - Jumat

085743530020

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Tips Sukses Menjadi Pengacara Handal

FANZIS LAW OFFICE > advokat  > Tips Sukses Menjadi Pengacara Handal

Tips Sukses Menjadi Pengacara Handal

kantor pengacara

kantor pengacaraTIPS SUKSES MENJADI PENGACARA HANDAL

Kantor PengacaraPengacara yang seperti sudah kita bahas pada artikel sebelum-sebelumnya adalah bertugas untuk mendampingi klien selama dalam proses hukum sampai tuntas dan selesai. Nah selama menjalankan tugas tersebut, harus melayani dan mendampingi dengan baik dan benar. Atau dengan kata lain jadilah pengacara yang handal. Lantas menjadi pengacara yang handal itu bagaimana caranya? Berikut adalah bebetapa tips sukses menjadi pengacara handal dan profesional.

Cara Menjadi Pengacara Sukses

1. Kemampuan berkomunikasi yang bagus

Seorang pengacara harus memiliki kemampuan ini. Baik ketika berhadapan dengan klien, masyarakat, maupun hakim ketika kasus dibawa ke pengadilan. Tanpa kemampuan ini, sulit rasanya untuk meyakinkan klien kalau kita bisa memenuhi harapannya. Apalagi melindungi klien dari serangan argumen yang dibawakan oleh pengacara lawan hukum.

Komunikasi di sini juga nggak hanya soal speaking atau lewat lisan saja, tetapi juga lewat tulisan. Seorang pengacara harus bisa menulis dengan jelas, persuasif, dan juga ringkas. Dalam semua dokumen yang dibutuhkan harus ditanamkan karakter tulisan semacam itu. Selain itu, kamu juga harus menjadi pendengar yang baik agar semuanya lancar.

2. Ketajaman argumentasi

Pekerjaan sebagai pengacara ini sangat riskan. Itu kalau nggak disertai dengan kemampuan argumentasi yang tajam. Seorang pengacara yang profesional selalu bisa mengetahui celah kelemahan lawan argumentasi. Sekecil apa pun. Untuk mempertajam argumentasi, perdalam kembali masalah aturan hukum yang ada di negeri ini.

Setelah itu, rajin-rajinlah melihat bagaimana seorang tokoh publik menyampaikan argumentasinya. Baik secara lisan maupun tulisan. Hampir nggak ada pengacara di dunia ini yang tampil gagap seakan suara hilang dari kerongkongan. Rata-rata fasih dalam menyampaikan argumen demi argumen.

3. Pertajam analisis

Seseorang yang memutuskan jadi seorang pengacaran harus akrab dengan informasi yang kadang menumpuk-numpuk. Tips sukses jadi pengacara pada poin ini terdengar membosankan. Akan tetapi, pengacara yang profesional pasti selalu bisa keluar dari rasa bosannya sendiri. Berapa pun informasi yang datang harus diteliti dengan baik.

Seorang pengacara harus mampu menarik informasi yang substansial. Bukan hanya a la kadarnya. Untuk itulah dibutuhkan riset yang mendalam tentang kasus yang dialami oleh klienmu. Hasil riset ini juga wajib diteliti. Kemudian disesuaikan dengan informasi penting sebelumnya. Baru dikaitkan dengan aturan hukum yang sudah kamu kuasai.

4. Kreatif dalam setiap aksi

Pengacara yang profesional selalu menempa dirinya untuk selalu berpikir dan berargumentasi secara kreatif. Senjata kamu memang bukan pedang, kapak, atau trisula, tetapi argumen yang disampaikan secara tepat. Seakan-akan argumen kamu nggak mampu dibantah oleh lawan. Untuk mencapai tahap ini, tentu nggak terlepas dari pola pikir kreatif yang kamu tanamkan.

Ketika seorang pengacara nggak memiliki pola-pikir kreatif, maka ia akan mudah diserang. Tipe serangan yang paling sering dilancarkan itu “membalikkan keadaan”. Kalau keadaan sudah terbalik, maka kamu nggak bisa bergerak bebas. Soalnya kekuatan argumentasimu sudah dikeluarkan di awal-awal.

5. Tekun membaca keadaan

Nggak hanya membaca dokumen, artikel, dan sebagainya. Sering-seringlah juga membaca keadaan. Kemudian analisis sedetail-detailnya sampai nggak ada celah untuk ditanyakan siapa pun, termasuk dirimu sendiri. Kebiasaan ini seharusnya sudah diterapkan ketika kamu akan memulai karier sebagai pengacara. Jadi, langkah untuk jadi profesional pun lebih ringan.

FANZIS LAW OFFICE – PENGACARA JOGJA | JASA PENGACARA | ADVOKAT JOGJA Lawyer Terbaik Dengan Hasil Terbaik. Kami menyediakan layanan hukum baik Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara meliputi semua tingkatan di seluruh Indonesia. Untuk berkonsultasi KLIK DISINI. Hubungi Kami di 085743530020 | Email : fanzislf@yahoo.com atau fanzislawoffice@gmail.com

No Comments

Leave a Comment